Pelatihan/Training GAS SAFETY INSPECTOR (Gas Tester)



DESKRIPSI
Industri Perminyakan merupakan industri beresiko tinggi yang melibatkan berbagai bahan kimia berbahaya yaitu bahan Hidrokarbon yang beracun, mudah terbakar dan meledak. Oleh sebab itu, sudah menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan untuk memberlakukan persyaratan dan standar keselamatan yang tinggi dalam proses operasi perminyakan khususnya dilingkungan instalasi kilang minyak, gas dan petrokimia. Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi pada lingkungan pengilangan adalah akibat pekerjaan pemeliharaan yang tidak memenuhi standar keselamatan khususnya pada beberapa daerah berbahaya dan beberapa critical point area yang menyangkut peralatan proses vital industri perminyakan.

TUJUAN
Pelatihan GSI atau Gas Safety Inspector dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan bagi petugas yang ditujuk sebagai Petugas Pengawas Gas atau Gas Tester Officer diperusahaan agar mampu memberikan safety precaution yang tepat dan aman pada saat kegiatan proses operasi khususnya dalam menjaga keselamatan petugas yang akan bekerja dan menjaga peralatan/ asset perusahaan. Selain itu, petugas pengawas yang ditunjuk dapat menerapkan berbagai upaya preventif dalam rangka mencegah kecelakaan yang dapat berakibat fatal khususnya yang berkaitan dengan gas-gas berbahaya yang timbul dari kegiatan atau aktifitas kerja pada industri seperti pada aktifitas pengolahan minyak dan atau bahan kimia berbahaya.
Pelatihan Safety Inspector bersertifikasi KOMPETENSI yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP) dirancang berbasis kompetensi (Competency Based Training) yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) K3. Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi, para peserta training akan diuji oleh assessor dari LSK-K3 (Lembaga Sertifikasi Kompetensi Kesehatan dan Keselamatan Kerja). LSK-K3 didukung oleh KEMENAKERTRANS melalui surat resmi dari Direktur Jendral BINWASNAKER NOMOR B-710 tertanggal 31 DESEMBER 2008 Untuk terwujudnya sertifikasi kompetensi Ahli K3 di Indonesia dalam menghadapi era persaingan global / AFTA.
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan mengikuti Ujian Kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) K3 untuk mendapatkan Sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

MATERI PELATIHAN
    Pemahaman seputar BNSP
    Konsep dasar Pencegahan Kecelakaan (Explosion theory and prevention)
    Teknik Identifikasi bahaya dan Penilaian Resiko
    Fire Prevention Concept ( Flammability and fire concepts)
    Sistem Ijin Kerja (Safety procedures)
    Safe Working Practices
    Pembahasan mengenai berbagai jenis pekerjaan dan langkah-langkah pengamanan yang diperlukan (Safety Precaution)
    Tank Cleaning
    Pengelasan (welding and cutting)
    Entry to confined spaces
    Bekerja dengan bahan Kimia berbahaya (chemical Hazard)
    Gas Tester ( Introduction to gas detector equipment)
    Gas test practices/Drill dan Studi Kasus
    Tugas & tanggung jawab GSI
    Alat-alat gas test
    Teknik melakukan gas tes
    Jenis gas berbahaya
    Pemeliharaan alat gas test dan
    Mekanisme Kalibrasi
    Praktek pengukuran gas berbahaya

Persyaratan Peserta Training K3 Safety Inspector :
1.    Pendidikan dan Pengalaman Kerja.
No
Pendidikan
Pengalaman Kerja
1
Sarjana K3 & Teknik (non K3)
-
2
S1 – Non Teknik + non K3
1 Tahun dibidang K3
3
D3 K3 dan Teknik
1 Tahun dibidang K3
4
D3 non Teknik
1.5 Tahun dibidang K3
5
SLTA/SMK
2.5 Tahun dibidang K3
2.    Foto copy Ijasah terakhir
3.    Foto copy KTP / Paspor / Kitas
4.    Surat Rekomendasi dari Pimpinan / Atasan Langsung / Rekanan Kerja (bila ada)
5.    CV atau Surat Keterangan Pengalaman kerja (bila ada)
6.    Pas foto ukuran 3×4 (4 lembar)

INSTRUKTUR
Tenaga Ahli yang dilibatkan adalah tenaga Instruktur dari kalangan praktisi yang sangat berpengalaman dalam industri Migas khususnya dalam bidang K3 yang memiliki sertifikasi baik didalam dan diluar negeri.

WAKTU DAN TEMPAT
Hari/Tanggal   :  Juni, Agustus, September, Desember.
Pukul               : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat            : Hotel Grand Aston Yogyakarta & LSP PPT Pusdiklat Migas Cepu

INVESTASI
peserta IDR 8.500.000,-
special price Rp. 8.000.000/participant for minimum 6 participants from the same company.

Registration should be made 7 days prior to the implementation of training. Number of attendees must be in accordance with the number of participants registered. If the number of attendees does not match with the number of participants registered, then the company must pay the training cost as much as the number of participants that are registered in the enrollment form that has been sent to us.

FASILITAS 
·      Airport pickup service
·      Module / Handout
·      Flashdisk softcopy Materi
·      Training Kit
·      2xCoffe Break & 1 Lunch
·      Souvenir
·      Biaya Ujian dan Sertifikat kompetensi dari BNSP bagi yang dinyatakan kompeten.

Contact Person   : Fatah Ahmadi
Phone / fax          : +62 274 419936
Mobile                : 0823-2327-2276  //  0897-6811-445
PIN                    : 76668689 // 328A1AA1
Website               : www.jtcc-consultant.com
Email     *          : fatah@jtcc-consultant.com
                              ahmadifatah@gmail.com

1 comments:

Unknown said...

KISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 3 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk menjemput berkas SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa terima SK PNS saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....

Post a Comment