Menulis Karya Ilmiah


Berbicara mengenai menulis karya ilmiah, kesan pertama yang muncul dari kalangan mahasiswa adalah pekerjaan yang sulit.  Mahasiswa selalu membayangkan betapa rumitnya proses mencari izin, mengambil data, mencari sumber pustaka, mengolah data, maupun teknik menulisnya. Mahasiswa juga sering berpikir betapa lamanya waktu penyelesaian penelitian yang akan dijadikan modal dalam menulis. Kendala biaya juga sering menghantui para mahasiswa dalam melakukkan aktivitas menulis karya ilmiah. Semua ini mengakibatkan kurang minatnya mahasiswa dalam menulis karya ilmiah.
Keadaan ini tentunya tidak boleh terus berlangsung. Para mahasiswa harus berani berkarya melalui tulisannya. Tulisan-tulisan ilmiah baik yang bersifat sederhana maupun yang relatif kompleks, perlu dilakukan tanpa harus terpaku pada keadaan di atas. Dari karya tulis-karya tulis ini diharapkan daya kreasi dan inovasi mahasiswa akan tumbuh.
Karya tulis ilmiah adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Terdapat berbagai jenis karangan ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, artikel jurnal, yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam menulis karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.
Mahasiswa sebagai kaum intelektual tentu mempunyai pemikiran-pemikiran dan ide-ide kreatif. Pemikiran-pemikiran dan ide-ide yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam problematika masyarakat. Pemikiran-pemikiran tersebut memerlukan sebuah media penyampaian, media itu adalah karya tulis ilmiah. Sebagai kalangan intelektual mahasiswa perlu mengasah kemampuannya dalam berpikir. Tempat untuk mengasah kemampuan mahasiswa ini adalah karya tulis ilmiah. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan mampu menulis karya ilmiah untuk menuangkan ide-ide dan pemikirannya. Sehingga mahasiswa sebagai kalangan intelektual dapat menjalankan perannya yaitu mengabdikan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat.

source : Bapak Mulyono, S.Pd. (Dosen Prodi Bahasa Indonesia UAD)

0 comments:

Post a Comment