Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Pendidikan Islam



Pemikiran Ibnu Taimiyah tentang pendidikan islam berkisar pada beberapa hal yaitu  falsafah pendidikan, tujuan pendidikan serta metode pengajaran.Falsafah pendidikan menurut beliau adalah ilmu yang bermanfaat merupakan asas bagi kehidupan yang cerdas dan unggul.
Sementara mempergunakan ilmu itu dapat menjamin kelestarian dan kelangsungan masyarakat, tanpa itu masyarakat akan terjerumus ke dalam kehidupan yang sesat. Jadi ilmu yang bermanfaat intinya adalah mengajak pada kehidupan yang benar yang diarahkan pada hubungan dengan Tuhan serta dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan makhluk serta memperteguh rasa kemanusian.
Tujuan pendidikan Islam yang harus dicapai menurut Ibnu Taimiyah meliputi 3 hal  :
a)                  Tujuan Individual
Tujuan pendidikan harus diarahkan pada terbentuknya pribadi yang baik , yaitu seorang yang berfikir, merasa dan bekerja pada berbagai lapangan kehidupan pada setiap waktu sejala
dengan apa yang ada pada al Qur’an dan as Sunnah. Pribadi yang baik menurutnya adalah pribadi yang sempurna kepribadiannya yaitu mereka yang lurus jalan pikiran serta jiwanya, bersih keyakinannya, kuat jiwanya sertas anggup menjalankan perintah Allah SWT.  
b)                 Tujuan Sosial
bahwa pendidikan Islam harus diarahakan pada terciptanya masyarakat yang baik dan sejalan dengan ketentuan Al Qur’an dan As Sunnah dimana manusia bisa hidup bersama dengan orang lain, saling membantu, saling menasehati serta membantu mengatasi masalah orang lain dan lain sebagainya.
c)       Tujuan Dakwah Islamiyah
Tujuan pendidikan harus bisa mengarahkan Ummat agar siap dan mampu memikul tugas dakwah islamiyah ke seluruh dunia. Hal ini didasarkan bahwa Allah mengutus para Rasulnya untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan, sehingga segenap manusia mau menerima dan mengikuti ajaranNya.
Menurut Ibnu Taimiyah, metode pengajaran secara garis besar dapat dibagi menjadi 2, yaitu  Metode Ilmiyah(daya berpikir) dan Metode Iradiyah(kehendaknya dalam melakukan sesuatu).

0 comments:

Post a Comment